FORUM PENGAJIAN QUR'AN HADITS

"Kami hanya ingin menegakkan nilai-nilai Al-Quran dan Al-Hadits"
cbox

Sabtu, 27 Juli 2013

AL-KHUTHBATUL UULAA LIYAUMIL JUMU’ATI (Khuthbah Pertama pada Hari Jum’at)

As-salaamu ‘alaikum warohmatulloohi wabarkaatuh(u)

Al-hamdulillaahil-ladzii hadaanaa lihaadzaa, Wamaa kunnaa linahtadiya laulaa an hadaanalloohu, Laqod-jaa-at rusulu robbinaa bil-haqqi. Wanuuduu antilkumul jannatu uurits-tumuuhaa bimaa kuntum ta’maluuna. Asyhadu an laa ilaaha illalloohu wahdahu laa syariika lahu. Wa-asyhadu anna muhammadan ‘abduhu warosuuluhu shollalloohu ‘alaihi wasallama wa’alaa aalihi wa-ash-haabihi, ammaa ba’du:
Fayaa’ibaadalloohi ittaqullooha ta’aalaa wa-athii’uuhu. Faqod faazal muttaquuna. Wa’alaikum bish-sholawaatil khomsi. Fa-innahaa awwalu maa iftarodholloohu ta’alaa ‘ibaadihi. Wa-awwalu maa yurfa’u min a’maalihim. Faqod qoola rosuululloohi shollalloohu ‘alaihi wasallama: awwalu maa iftarodholloohu ta’alaa ‘alaa ummatii ash-sholawaatul khomsu. Wa-awwalu maa yurfa’u min a’maalihimush-sholawaatul khomsu. Wa-awwalu maa yus-aluuna ‘anish-sholawaatil khomsu. Faman kaana dhoyya’a syai-an minhaa yaquululloohu tabaaroka wata’aalaa: “Undhzuruu hal tajiduuna li’abdii naafilatan min sholaatin tutimmuuna bihaa maa naqosho minal fariidhoti. Wandhzuruu fii zakaati ‘abdii fa-in kaana dhoyya’a minhaa syai-an fandhzuruu hal tajiduuna li’abdii naafilatan min shodaqotin tutimmuuna bihaa maa naqosho minaz-zakaati. Fayu’khodzu dzaalika ‘alaa faroo-idhillaahi. Wadzaalika birohmatillaahi wa’adlihi Fa-in wajada fadhlan wudhi’a fii miizaanihi waqiila lahu ud-khulul jannata masruuroo(n). Wa-in lam yujad lahu syai-un min dzaalika umirot bihiz-zabaaniyatu fa-akhodzuu biyadaihi warijlaihi tsumma qudzifa bihi fin-naari. Memegang kedua tangannya dan kedua kakinya kemudian dia dibuang ke dalam neraka. ‘Ibaadalloohi ittaqullooha ta’aalaa wa-athii’uuhu. Wa’lamuu anna ashdaqol hadiitsi kitaabulloohi ta’aalaa (Al-Qur’an). Wa-autsaqu’ ‘urroo kalimatut taqwaa.  Wakhoirul milali millatu ibroohiima. Wakhoirus sunani sunnatu muhammadin shollalloohu ‘alaihi wasallam. Wa-asyroful hadiitsi dzikrulloohi. Wa-ahsanul qoshoshi haadzal qur’aanu. Wakhoirul umuuri ‘awaazimuhaa. Wasyarrul umuuri muhdatsaatuhaa. Wa-ahsanul hadyi hadyul anbiyaa-i. Wa-asyroful mauti qotlusy syuhadaa-i Wa a’mal ‘amadh dholaalatu ba’dal hudaa. Wakhoirul ‘ilmi maa nafa’a. Wakhoirul hadyi mat-tubi’a. Wasyarrul ‘amaa ‘amal qolbi. Walyadul ‘ulyaa khoirun minal yadis-suflaa. Wamaa qolla wakafaa khoirun mimmaa katsuro wa-alhaa.  Wasyarrul ma’dziroti hiina yahdhurul mautu. Wasyarrun-nadaamati yaumal qiyaamati. Waminan-naasi man laa ya’tish-sholaata illaa duburon. Waminhum man laa yadzkurullooha illaa hujron. Wa a’dhzomul khothooyaal lisaanul kadzuubu. Wakhoirul ghinaa ghinan-nafsi.  Wakhoiruz-zaadi at-taqwaa. Waro’sul hikmati makhoofatalloohi. Wakhoiru maa waqoro fil quluubil yaqiinu. Wal irtiyaabu minal kufri. Wan-niyaahatu min ‘amalil jaahiliyyati. Wal-ghuluulu min jutsaa jahannama. Wal-kanzu kayyun minan-naari. Wasy-syi’ru min mazaamiiru ibliisa. Wal-khomru jimaa’ul-itsmi. Wan-nisaa-u hibaalatusy-syaithooni. Wasy-syabaabu syu’batun minal junuuni. Wasyarrul makaasibi kasbur-ribaa. Wasyarrul ma’kali maalul yatiimi. Was-sa’iidu man wu’idhzo bighoirihi. Wasy-syaqiyyu man syaqiya fii bathni ummihi. Wa-innamaa yashiiru ahadukum ilaa maudhi’i arba’i adzru’in. Wal-amru bi-aakhirihi. Wamilaakul ‘amali khowaatimuhu. Wasyarrur-rowaayaa rowaayal kadzibi.  Wakullu maa huwa aatin qoriibun. Wasibaabul mu’mini fusuuqun. Waqitaalul mu’mini kufrun. Wa-aklu lahmihi min ma’shiyatillaahi. Wahurmatu maalihi kahurmati damihi.
Waman yata-alla ‘alalloohi yukdzibhu. Waman yaghfir yaghfirillaahu lahu. Waman ya’fu ya’fulloohu ‘anhu. Waman yakdhzimil ghoidhzo ya’jurhulloohu. Waman yashbir ‘alar-roziyyati yu’awwidh-hulloohu. Waman yattabi'is-sum'ata yusmi'illaahu bihi.  Waman yashbir yudho’ifillaahu lahu. Waman ya'shillaaha yu'adz-dzibhulloohu. ‘Ibaadalloohi ittaqullooha ta’aalaa wa-athii’uuhu.  A’uudzu billaahi minasy syaithoonir rojiimi. Yaa-ayyuhal-ladziina aamanuu hal adullukum ‘alaa tijaarotin tunjiikum min ‘adzaabin aliimin. Tu’minuuna billaahi warosuulihi watujaahiduuna fii sabiilillaahi bi-amwaalikum wa-anfusikum dzaalikum khoirun lakum in kuntum ta’lamuuna. Yaghfir lakum dzunuubakum wayudkhilkum jannaatin tajrii min tahtihal anhaaru wamasaakina thoyyibatan fii jannaati ‘adnin. Dzaalikal fauzul ‘adhziimu. Wa-ukhroo tuhibbuunahaa nashrun minalloohi wafathun qoriibun. Wabasy-syiril mu’miniina. Yaa-ayyuhal ladziina aamanuu kuunuu anshoorolloohi kamaa qoola ‘iisabnu maryama lilhawaariyyiina man anshoorii ilalloohi qoolal hawaariyyuuna nahnu anshoorulloohi fa-aamanath-thoo-ifatun min banii isroo-iila wakafaroth-thoo-ifatun fa-ayyadnal-ladziina aamanuu ‘alaa ‘aduwwihim fa-ashbahuu dhzoohiriin(a).

Baarokalloohu lii walakum fil-qur’aanil kariimi wanafa’anii wa-iyyaakum bimaa fiihi minal-aayaati wadz-dziikril hakiimi innahu ta’alaa jawwaadun kariimun malikun barrun ro-uufun rohiimun wanastaghfirullooha innahu huwal ghofuurur rohiim(u).

 Yang artinya: “Segala puji bagi Alloh Yang telah menunjukkan kepada kami terhadap petunjuk ini. Dan kami tidak mungkin akan mendapatkan petunjuk/hidayah seandainya saja Alloh tidak menunjukkan kepada kami. Benar-benar para utusan Tuhan kami telah datang dengan membawa barang haqq/kebenaran. Dan diserukan kepada mereka: "ltulah surga yang diwariskan kepadamu, disebabkan apa yang dahulu kamu amalkan/kerjakan. Aku bersaksi bahwa tidak ada ilah (Tuhan, sesembahan yang patut disembah) kecuali Alloh Yang Esa, yang tiada sekutu bagi-Nya. Dan aku bersaksi, sesungguhnya Muhammad adalah hamba-Nya dan utusan-Nya, semoga Alloh memberi rohmat dan keselamatan atasnya, dan atas keluarganya dan para sahabatnya, dan seterusnya:

Maka, wahai hamba-hamba Alloh, takutlah kamu kepada Alloh Yang Maha Tinggi dan ta’atlah kepada-Nya. Maka sungguh beruntung orang-orang yang taqwa. Menetapilah kamu pada sholat-sholat yang lima waktu. Sesungguhnya sholat lima waktu tersebut merupakan sesuatu yang telah Alloh Yang Maha Tinggi wajibkan atas hamba-Nya. Dan pertama kali sesuatu yang diangkat dari amal mereka. Maka sungguh, Rosulullohi shollallohu ‘alaihi wasallam telah bersabda: “Sesuatu yang pertama kali diwajibkan oleh Alloh Yang Maha Tinggi atas ummatku adalah sholat-sholat yang lima waktu. Wa-awwalu maa yurfa’u min a’maalihimush-sholawaatul khomsu”, artinya: “Dan sesuatu yang pertama kali akan diangkat dari amal-amal mereka adalah sholat-sholat yang lima waktu. Dan pertama kali sesuatu yang akan ditanyakan (pada mereka) adalah tentang sholat-sholat lima waktu. Maka barangsiapa yang menyia-nyiakan pada sesuatu dari sholat-sholat yang lima waktu tersebut, Alloh Yang Maha Barokah dan Maha Tinggi berfirman, yang artinya: “Melihatlah (kalian malaikat), adakah kalian menjumpai pada hamba-Ku tambahan dari sholat (Maksudnya: sholat-sholat sunnah), yang dengan sholat-sholat sunnah tersebut kalian dapat menyempurnakan/menutupi sesuatu yang kurang dari sholat fardhu/wajibnya? Dan melihatlah (kalian malaikat) dalam zakatnya hamba-Ku, maka ia menyia-nyiakan sesuatu dari zakatnya, maka lihatlah adakah kalian menjumpai pada hamba-Ku tambahan dari shodaqoh (Maksudnya: shodaqoh-shodaqoh yang bersifat sunnah), yang dengan shodaqoh-shodaqoh sunnah tersebut kalian dapat menyempurnakan/menutupi sesuatu yang kurang dari zakatnya? Maka shodaqoh yang bersifat sunnah itu diambil atas dasar ketentuan Alloh. Dan shodaqoh yang bersifat sunnah dapat diambil untuk menambal (menyempurnakan) zakat itu merupakan rohmat Alloh dan adil-Nya. Jika didapati lebihan maka diletakkan di dalam timbangannya dan dikatakan kepadanya, “Masuklah ke surga dengan senang. Namun, jika tidak didapati sesuatu baginya dari lebihan itu, maka malaikat zabaniyah diperintahkan (menangkap)nya, lalu mereka (malaikat zabaniyah) memegang kedua tangannya dan kedua kakinya kemudian dia dibuang ke dalam neraka.

 Wahai hamba-hamba Alloh, takutlah kalian kepada Alloh Yang Maha Tinggi dan ta’atlah kalian kepada-Nya. Dan ketahuilah bahwasaannya cerita yang paling benar adalah kitab Alloh Yang Maha Tinggi (Maksudnya: Al-Qur’an). Dan tali yang paling kuat adalah kalimat taqwa. Dan sebaik-baiknya agama adalah agama Ibrohim. Dan sebaik-baiknya sunnah/kelakuan adalah sunnah/kelakuan Muhammad shollallohu ‘alaihi wasallam. Dan cerita paling mulia adalah ingat Alloh (berdzikir menyebut asma Alloh). Adapun cerita yang paling bagus al-Qur’an ini. Sebaik-bainya perkara-perkara adalah perkara-perkara yang tetap/stabil. Dan sejelek-jeleknya perkara (urusan agama) adalah perkara baru (bid’ah). Dan sebagus-bagusnya tuntunan adalah tuntunannya para nabi. Dan lebih mulianya mati adalah mati syahid. Dan lebih butanya orang buta adalah orang yang sesat setelah petunjuk (alias murtad). Dan sebaik-baiknya ilmu adalah apa-apa (ilmu) yang bermanfa’at. Dan sebaik-baiknya tuntunan (kelakuan) adalah apa-apa (tuntunan) yang dapat diikuti. Sejelek-jeleknya buta adalah buta hati. Dan tangan yang di atas (memberi) itu lebih baik daripada tangan yang di bawah (meminta). Dan apa-apa (sesuatu) yang hanya sedikit namun cukup, itu lebih baik, daripada apa-apa yang banyak namun menjadikan lahan (melakukan hal-hal yang tidak berfaedah). Sejelek-jeleknya alasan (yang dibuat-buat/pepeko) adalah ketika menjelang kematian. Sejelek-jeleknya penyesalan adalah (penyesalan) pada hari kiamat. Dan dari sebagian manusia, ada orang yang tidak mendatangi sholat kecuali belakangan (maksudnya: waktunya selalu terlambat). Dan dari sebagian mereka, ada orang yang dzikir kepada Alloh kecuali dengan meninggalkan (maksudnya: kelihatannya dzikir, tetapi ternyata hatinya tidak dzikir/kosong). Kesalahan lisan yang paling besar adalah berdusta. Dan sebaik-baiknya kaya adalah kaya hati (bisa ridho terhadap pemberian Alloh). Sebaik-baiknya bekal adalah (bekal) taqwa. Inti hikmat adalah takut Alloh. Dan sebaik-baiknya sesuatu yang tetap di dalam hati adalah yakin. Dan ragu-ragu itu bagian dari kufur. Meratap (menangisi mayat) merupakan perbuatan jahiliyah. Barang curian merupakan batu Neraka Jahannam. Dan simpanan harta (yang tidak dizakati) akan menjadi cos dari api (yaitu besi panas membara yang digunakan untuk menusuk pemilik harta yang tidak dizakati). Dan syair (lagu-lagu yang tidak bermanfa’at) merupakan seruling syetan (yaitu dapat melalaikan dari beribadah). Khomr/arak itu kumpulan dosa (Maksudnya: dengan minum arak akan menjadi mabok dan kalau sudah mabok dapat melakukan berbagai perbuatan dosa yang lain, seperti memperkosa dan membunuh). Dan wanita itu merupakan jaring-jaring syetan (Maksudnya: wanita adalah sebagai alat perangkap bagi syetan untuk menjebak laki-laki melakukan perbuatan keji, pelanggaran/zina). Dan masa muda itu merupakan cabang dari gila (Maksudnya: masa yang mengedepankan emosi, masa yang berapi-api, berpikirnya sekali saja tanpa memikirkan akibatnya, walau salah tak perduli, maunya menang sendiri). Sejelek-jeleknya pekerjaan adalah pekerjaan riba. Dan sejelek-jeleknya yang dimakan adalah harta anak yatim. Dan orang yang beruntung adalah orang yang dinasehati dengan orang lain (Maksudnya: dapat mengambil nasehat yang bermanfa’at dengan adanya kematian/musibah orang lain). Dan orang yang celaka adalah orang yang celaka di dalam perut ibunya (Maksudnya: sejak di dalam kandungan ibunya sudah ditulis celaka). Dan sesungguhnya salah satu kalian bertempat pada tempat yang luasnya hanya 4 dziro’/hasta (Maksudnya: lambat atau cepat bahwa salah satu di antara kalian akan mati dan masuk alam kubur). Dan perkara itu dengan akhirnya (Maksudnya: perkara yang berguna itu adalah perkara yang dibarengi dengan terakhirnya). Dan polnya amal adalah akhirnya (Maksudnya: amal yang pol adalah amal yang terakhir). Dan sejelek-jeleknya orang yang meriwayatkan adalah para periwayat dusta. Dan tiap-tiap apa-apa, dimana apa-apa itu akan datang adalah dekat (Maksudnya: setiap apa pun yang akan datang (itu namanya) dekat. Dan mencela orang iman itu adalah fasek. Dan membunuh orang iman itu adalah (berhukum) kafir. Dan memakan dagingnya termasuk maksiat kepada Alloh (Maksudnya: menggunjing/ngrasani kejelekan orang iman adalah tergolong perbuatan maksiat kepada Alloh. Dan keharoman hartanya (orang iman itu) seperti keharoman darahnya (Maksudnya: hukumnya harom mengambil/mencuri harta orang iman sebagaimana haromnya bila membunuh orang iman). Dan barangsiapa yang mendahului Alloh dengan bersumpah atas nama Alloh maka dia itu telah mendustakan Alloh (Misal: ‘Demi Alloh, anak kecil itu kalau mati pasti masuk surga). Dan barangsiapa yang mengampuni (utamanya dalam hukum qishosh), maka Alloh mengampuni padanya. Dan barangsiapa yang mema’afkan (utamanya dalam hukum had) maka Alloh mema’afkan dari (perbuatan)nya juga. Dan barangsiapa yang dapat menahan marah maka Alloh memberinya pahala. Dan barangsiapa yang bisa sabar menghadapi musibah maka Alloh akan menggantinya. Dan barangsiapa yang pamer pendengaran (berkata tentang kebaikan yg telah dilakukannya dilandasi karena ingin didengar orang lain), maka Alloh pun akan pamer pendengaran denganya. Dan barangsiapa yang sabar maka Alloh akan melipatgandakan pahalanya. Dan barangsiapa yang menentang/mendurhakai Alloh, maka Alloh bakal menyiksanya.

 Hai hamba-hamba Alloh, takutlah kalian kepada Alloh Yang Maha Tinggi dan ta’atlah kepada-Nya. Aku berlindung dengan Alloh dari (godaan) syetan yang dirajam. Hai orang-orang yang beriman, adakah kalian mau Aku tunjukkan suatu perniagaan/perdagangan yang dapat menyelamatkan kalian dari azab/siksa yang menyakitkan?” (yaitu) kalian beriman kepada Alloh dan Rosul-Nya dan berjihad (berjuang/membela) di jalan Alloh dengan harta dan jiwa/diri kalian. Itulah yang lebih baik bagi kalian, jika kalian mengetahui. Niscaya Alloh akan mengampuni dosa-dosa kalian dan memasukkan kalian ke dalam surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai; dan (memasukkan kalian) ke tempat tinggal yang baik di dalam surga 'Adn. Itulah keberuntungan yang besar. Dan (ada lagi) karunia yang lain yang kalian senangi (yaitu) pertolongan dari Alloh dan kemenangan yang dekat (waktunya). Dan sampaikanlah berita gembira kepada orang-orang yang beriman. Hai orang-orang yang beriman, jadilah kamu penolong (agama) Alloh sebagaimana Isa bin Maryam telah berkata kepada pengikut-pengikutnya yang setia: "Siapakah yang akan menjadi penolong-penolongku (untuk menegakkan agama) Alloh?" Pengikut-pengikut yang setia itu berkata: "Kamilah penolong-penolong agama Alloh", maka segolongan dari Bani Isroil beriman dan segolongan lain kafir; lalu Kami berikan kekuatan kepada orang-orang yang beriman atas mengalahkan musuh-musuh mereka, lantas mereka menjadi orang-orang yang menang.

Semoga Alloh memberi barokah kepadaku dan kepada kalian dalam al-Qur’an yang mulia, dan semoga bermanfa’at padaku dan pada kalian dengan apa-apa yang di dalamnya dari ayat-ayat dan peringatan dan hukum. Sesungguhnya Alloh itu Maha Tinggi, dermawan, Mulia, Raja, Baik, Belas Kasih, Penyayang. Dan kami mohon ampunan kepada Alloh, sesungguhnya Alloh, Dia Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Alhamdulilah Jaza Kumullohu Khoiro , Atas Komentarnya Semoga Alloh Paring aman, selamat, lancar, berhasil, barokah...!