FORUM PENGAJIAN QUR'AN HADITS

"Kami hanya ingin menegakkan nilai-nilai Al-Quran dan Al-Hadits"
cbox

Senin, 15 Juli 2013

Ayo, Membaca Al-Qur’an Setiap Hari!

LDII - Membaca QuranMembaca adalah aktifitas rutin manusia jaman modern. Membaca merupakan bagian dari upaya untuk menambah wawasan dan memperkaya diri dengan ilmu. Membaca berita di media; koran, tabloid atau internet merupakan kegiatan yang tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan umat jaman sekarang.

Namun sebagai Muslim sudah seberapa banyakkah kita membaca Al-Quran? Apakah kita sudah rutin membaca Kitab suci Umat Islam itu setiap hari? Berapa kali dalam setahun kita khatam baca Kitabillah?
Membaca Quran bukan sekedar untuk hiburan atau selingan di tengah rutinitas hidup namun membaca Kitab Allah itu memberikan kefadlolan- kefadlolan yang luar biasa karena Al-Quran adalah Kitab kumpulan wahyu Allah yang diturunkan kepada RasulNya, Nabi Muhammad SAW. Orang-orang yang tidak pernah membaca atau mengkaji Kitabillah itu tergolong orang yang lalai.
…أَوْحَيْنَا إِلَيْكَ هَذَا الْقُرْآنَ وَإِنْ كُنْتَ مِنْ قَبْلِهِ لَمِنَ الْغَافِلِينَ*
… Aku (Allah) mewahyukan padamu (Muhammad) Al-Quran ini dan bahwasannya ada engkau sebelumnya niscaya tergolong orang yang lalai.
[Surah Yusuf (12)ayat 3]

Di dalam Al-Quran mengandung petunjuk jalan hidup dan berbagai peringatan bagi umat manusia. Al-Quran mengabarkan bagi orang-orang beriman yang mau beramal sholih baginya disediakan pahala yang besar berupa Surga. Al-Quran juga sebagai obat dan rahmat bagi orang-orang beriman.
إِنَّ هَذَا الْقُرْآنَ يَهْدِي لِلَّتِي هِيَ أَقْوَمُ وَيُبَشِّرُ الْمُؤْمِنِينَ الَّذِينَ يَعْمَلُونَ الصَّالِحَاتِ أَنَّ لَهُمْ أَجْرًا كَبِيرًا*
[Surah Al-Isro’ (17) ayat 9]

وَنُنَزِّلُ مِنَ الْقُرْآنِ مَا هُوَ شِفَاءٌ وَرَحْمَةٌ لِلْمُؤْمِنِينَ وَلَا يَزِيدُ الظَّالِمِينَ إِلَّا خَسَارًا*
[Surah Al-Isro’ (17) ayat 82]


Sesuai dengan sabda Nabi yang tertulis dalam Hadist Sunan Termidhi No. 2910 Abwabu Fadlil Quran, barang siapa membaca Kitabillah setiap satu huruf diberi pahala sepuluh kebaikan. Dan jangan lupa sebelum membaca Quran Karim untuk membaca Ta’awuz, mohon perlindungan kepada Allah dari godaan syetan yang terkutuk.
فَإِذَا قَرَأْتَ الْقُرْآنَ فَاسْتَعِذْ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ*
[Surah An-Nahl (16) ayat 98]

2910 – حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارٍ قَالَ: حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرٍ الحَنَفِيُّ قَالَ: حَدَّثَنَا الضَّحَّاكُ بْنُ عُثْمَانَ، عَنْ أَيُّوبَ بْنِ مُوسَى، قَالَ: سَمِعْتُ مُحَمَّدَ بْنَ كَعْبٍ القُرَظِيَّ يَقُولُ: سَمِعْتُ عَبْدَ اللَّهِ بْنَ مَسْعُودٍ، يَقُولُ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «مَنْ قَرَأَ حَرْفًا مِنْ كِتَابِ اللَّهِ فَلَهُ بِهِ حَسَنَةٌ، وَالحَسَنَةُ بِعَشْرِ أَمْثَالِهَا، لَا أَقُولُ الم حَرْفٌ، وَلَكِنْ أَلِفٌ حَرْفٌ وَلَامٌ حَرْفٌ وَمِيمٌ حَرْفٌ»
__________
[حكم الألباني] : صحيح
Abdallah bin Mas’ud meriwayatkan, Rasulullah SAW bersabda: “Barang siapa membaca satu huruf dari Kitabillah maka baginya satu kebaikan, dan satu kebaikan itu sebanding dengan sepuluh kebaikan tersebut, Saya (Nabi) tidak mengatakan ”الم” itu satu huruf, akan tetapi ‘alif’ satu huruf ‘lam’ satu huruf dan‘mim’ satu huruf”.
[Hadist Sunan Termidhi No. 2910 Abwabu Fadlil Quran]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Alhamdulilah Jaza Kumullohu Khoiro , Atas Komentarnya Semoga Alloh Paring aman, selamat, lancar, berhasil, barokah...!