FORUM PENGAJIAN QUR'AN HADITS

"Kami hanya ingin menegakkan nilai-nilai Al-Quran dan Al-Hadits"
cbox

Jumat, 05 Juli 2013

Profil DARUL HADITS --Sekolahnya KH Nurhasan (Cikal Bakal Ilmu QH Jamaah Indonesia)--

Oleh Bernandin S. Ulung dan Farida Naura di Syubhat-Syubhat Group Abu Hudzaifah (Berkas) · Sunting Dokumen
Daar Al-Hadits Al-Khayriyyah (DARUL HADITS MEKAH), didirikan pada tahun 1352 H (sekitar 1930 menurut kalender Kristen/Masehi), tidak hanya memberi siswa pemahaman mendalam dari Sunnah dan ilmu, ia juga mencakup studi di semua bidang syari'at. Sekolah ini terdiri dari empat departemen: tingkat SD, tingkat sekolah menengah, tingkat sekolah tinggi, dan tingkat perguruan tinggi.

Studi sangat intensif mulai dari tingkat tiga tahun sekolah menengah, dimana siswa mempelajari teks-teks klasik seperti Al-Bayqooniyyah, Al-Aajroomiyyah, Al-Kawaakibud-Duriyyah, 'Umdatul-hukum yang berlaku, dan Nuzhatun-Nathr.

Di tingkat sekolah tiga tahun tinggi, studi fokus pada buku-buku sepertiShahih Al-Bukhari, Sunan At-Tirmithee, Ar-Rowdul-Murbi ', Tadreebur-Raawee, Fat-Hul-Majeed, dan Fat-Hul-Qadeer. Semua tingkat mengharuskan siswa menghafal tiga juz Al-Qur'an setiap tahun.

Dalam empat tahun mahasiswa tingkat menyelesaikan studi mereka dari enam buku yang tersisa dari hadits:. Shahih Muslim, Abu Dawud, Ibnu Majah, dan An-Nasaa'ee Mereka juga selesai menghafal Al-Qur'an dengan tafsir, dan belajar banyak besar lainnya buku-buku dari para ulama Islam, seperti 'Al-Izz Ibnu Abil-' s 'Aqeedatut-Tahaawiyyah, Ash-Showkaanee yang Naylul-Awtaar, Ibnu Hisyam ini As-Seeratun-Nabawiyyah, dan Alfiyyah Ibnu Malik antara lain. Siswa juga harus menyelesaikan sebuah makalah penelitian dalam sebuah topik yang ditugaskan kepada mereka oleh pemerintah di tahun terakhir mereka.


PERSYARATAN PENDAFTARAN

Daar Al-Hadits pelamar pertama harus tinggal secara legal di Makkah, Saudi Arabia, dan menunjukkan bukti untuk tempat tinggal hukum mereka. Mereka harus fasih dalam 'bahasa Arab juga, seperti Daar Al-Hadits tidak memiliki program untuk mengajarkan' bahasa Arab untuk non-'berbicara bahasa Arab. Pemohon harus memiliki sikap yang Islami dan penampilan Islami. Dia juga harus membaca Al-Qur'an dengan baik, dan diwawancarai secara pribadi di sekolah. Berikut adalah persyaratan usia untuk setiap tingkat, bersama dengan berapa banyak Al-Qur'an seorang mahasiswa harus telah hafal akan dimulai pada tingkat bahwa:

Tengah tingkat sekolah - 15-20 tahun lama dengan minimal 3 juz
SMA tingkat - 18-25 tahun bersama 9 juz
Perguruan tinggi tingkat - 21 sampai 30 tahun dengan minimal 18 juz

Pemohon harus telah menyelesaikan studi terbaru tidak lebih dari dua tahun lalu dengan sedikitnya rata-rata 75% secara keseluruhan. Siswa di Daar Al-Hadits harus mengabdikan diri penuh-waktu untuk studi mereka dan tidak bekerja atau belajar di tempat lain selama tahun sekolah.Aplikasi yang tersedia dari sekolah secara langsung.

ESTIMASI BIAYA DAN BEBAN HIDUP
Karena siswa tidak dapat bekerja selama studinya, ia harus memiliki beberapa sumber pendapatan lain yang konsisten. Mahasiswa tunggal mungkin mendapatkan oleh (hampir) dengan SR 250 (sekitar $ 65) perumahan gaji dan bulanan gratis, tetapi siswa yang sudah menikah akan membutuhkan lebih dari uang saku 500 SR dari sekolah, terutama karena sekolah tidak memiliki perumahan bagi semua siswa menikah .Biaya hidup di Makkah untuk mahasiswa yang sudah menikah bisa di mana saja dari $ 6.000 setahun menjadi $ 12.000 atau lebih tinggi, tergantung pada jumlah anak, gaya hidup, dll


INFORMASI KONTAK
Kirim surat ke:
Daar Al-Hadits Al-Khayriyyah Kotak 7202 Makkah Saudi Arabia
Telepon: (02) 574-6863 (dari Amerika panggil 011-966 pertama)
Fax: (02) 574-6430 atau (02) 574-0159
http://www.bakkah.net

9 komentar:

  1. Ini kan dicopas dari web/blog DDII, tapi judul di atasnya ditambahi spt terlihat di atas. Maksudnya apa ya???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Urgent mohon komunikaaindgn saya di WA 0812 3004 1946 saya perlu sekali klarifikasi hal ini

      Hapus
  2. Boleh saya tahu admin blog ini??? terus terang saya agak bingung dengan contain blog ini.....bukan kebingungan yg negatif, krn sy melihat ada sesuatu yang berbeda dari biasa yg saya jumpai...sy pikir anda tahu dan paham, tapi sekali lagi sy bukanlah orang yg berpikir sempit dan ta'ashub yg membabi buta....Alhamdulillahi jaza kumumllohu khoiro....

    BalasHapus
  3. Sudah bagus kok. Jadi admin disini menerangkan tidak dari sisi golongan. Tapi dari sisi kebenaran mutlak. Kalau kita bawa nama golongan, untuk saat ini memang tidak tepat, karena banyak yang tidak terima. Jadi lebih bisa memayungi semua kalangan Islam.

    Alhamdulillahi Jaza kumullohu khoiro

    Best regards
    GH, Student of Social and Political Science, university of Indonesia

    BalasHapus
  4. Assalamualaikum..
    Apa persyaratan nya untuk program pelajar santri setingkat sma / ma ?

    BalasHapus
  5. Ini blog nya orang LDII kah ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di ldii tidak diajarkan kitab umdatul ahkam dan yg tertera. Ini blog aneh.

      Hapus
  6. Apakah pak H Nur Hasan terdapat di Ma'had darul hadits di Makkah ?

    BalasHapus

Alhamdulilah Jaza Kumullohu Khoiro , Atas Komentarnya Semoga Alloh Paring aman, selamat, lancar, berhasil, barokah...!